Urusan Jodoh Tak Perlu Risau, Pada Saatnya Allah Pilihkan Yang Terbaik

jodoj

Di usia yang sudah mulai melewati angka 22, sedikit banyaknya tentu akan memiliki pemikiran  ke arah pernikahan. Terlebih, beberapa teman, kerabat, saudara, kakak kelas, dan bahkan adik kelas sudah ada yang menikah. Hal yang paling diidam-idamkan manusia pada umumnya ini, tak jarang membuat problematika hidup semakin rumit, karena ketika orang-orang disekitar kamu sudah menikah dan kamu belum menikah, hmmm pasti pertanyaan klasik dengan jurus terjitu akan mengenai kamu. Yupsssss… “Kapan Nikah?” , pertanyaan dengan 2 suku kata yang bisa membuat orang lain diam, berpikir, dan mungkin tersinggung akan makin sering terdengar seiring dengan bertambahnya usia.

Hufft… saya pikir saya tidak akan mengalami ini, tapi ternyata perputaran waktu justru mengantarkan saya pada pertanyaan yang mangandung seribu jurus. Beberapa teman sebaya saya sudah menikah, namun ada pula yang masih menanti jodoh, dan beberapa justru risau karena jodohnya tak kunjung datang. Mereka takut kalau nantinya tidak ada laki-laki yang menikahinya (terlebih katanya stock cowok mulai berkurang dampak dari penyuka sesama jenis), takut kalau menikah nantinya menjadi pilihan yang salah, dan perasaan campur aduk lainnya.

Risau, gelisah, takut, galau. Apa itu perlu dilakukan ? Sepertinya tidak. Katanya, setiap orang sudah memiliki jodohnya masing-masing. Allah menciptakan segala sesuatunya berpasang-pasangan, pun halnya dengan yang akan diberikan ke kita. Yakinlah, jodoh itu sudah diatur oleh pembuat scenario terbaik, Allah SWT. Jika saat ini kita belum menemukan jodoh kita, berarti ini adalah masa dimana kita harus memperbaiki diri.

Terus melakukan hal-hal baik yang Allah sukai, dan hal baik pun akan kembali ke kamu termasuk dipilihkan jodoh terbaik. Dalam masa penantian jodoh, kamu tidak perlu berpacaran atau berganti-ganti pasangan, jalani saja segala sesuatunya sesuai dengan apa yang agama perintahkan. Berat memang, saya pun juga sedang berusaha untuk menerapinya meskipun banyak sekali godaan yang bisa meluluhkan keteguhan iman. Tetapi justru karena usaha keras kamu berpegang teguh pada apa yang diajarkannya, Allah  memberikan nikmat yang bahkan sampai membuat mu tidak mampu berucap apa-apa selain “Alhamdulillah”, dan rasa syukur yang berulang-ulang.

Lalu, kamu tidak perlu terburu-buru berburu jodoh. Ingat, sesuatu yang terburu-buru mungkin tidak berujung baik, karena seringkali perasaaan terburu-buru membuat kita gelisah dan lebih menggunakan hawa nafsu dibandingkan akal sehat. Hasilnya nanti yang ada malah menyesal. Perlahan-lahan dan ikuti saja jalan yang sudah Allah pilihkan, inshAllah segala sesuatu yang datangnya dari Allah tidak akan pernah salah dan mengecewakan.

Jika saat ini kamu masih sendiri, dan belum terlihat “hilalnya” jodohmu, bersabarlah. Tak perlu iri dengan mereka yang sudah menikah dan berpasangan, justru saat seperti ini kamu juga bisa mengeksplore diri kamu kan ? sebab kalau sudah ada pasangan nanti tentu kamu akan memiliki batasan-batasan disetiap langkah yang kamu ambil. Jadi, dinikmati saja dulu masa kesendirianmu, sambil berhijrah dan memperbaiki diri disetiap harinya.

Allah itu adil, Allah juga Maha Penyayang, Allah akan pilihkan jodoh yang terbaik untukmu. Jodoh yang mungkin bukan kamu inginkan tetapi sebenarnya kamu butuhkan, jodoh yang senantiasa akan bersama kamu hingga nanti maut yang pisahkan, Jodoh yang tidak membuatmu silau dengan gemerlapnya dunia, tetapi justru menuntunmu untuk lebih taat kepada-Nya. Jodoh yang sengaja Allah pilihkan agar ketika kamu jatuh hati padanya, semakin Jatuh pula hatimu kepada Allah, bukan membuat kamu berpaling dari-Nya.

Saya yakin, Allah pun akan memilihkan jodoh yang terbaik untuk saya, entah kapan waktunya tiba, yang jelas saya masih harus banyak belajar menjadi lebih baik dan terus lebih baik untuk Allah. Semoga sampai saatnya tiba, Allah berikan yang agamanya bagus. Aamiin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s