The Bala-Bala

Dear bala-bala, Thank you for being the best people in my life! Gaterasa kan udah banyak hari-hari yang dijalanin bersama. I thank to God, karena Dia udah nemuin gue sama orang-orang terunik yang hampir punah. Jenis-jenis yang kaya kalian mungkin udah menjadi salah satu yang dilindungin, so… sulit rasanya nemuin yang sejenis gini diluar sana. Wkwkwk

Dari mulai masuk playfield, terus makin lama makin banyak nambah orang-orang baru, dan kalian gapernah berubah. Dari mulai berantem sampe bikin bokir nangis, rada sebel sama pentil yang suka tiba-tiba gajadi pergi karna dijemput pacar, ngegantung gigit di wall climbing dengan alasan penataran anak baru, sampai kena marah kokoh untuk pertama kalinya kemarin. Itu semua punya tempat tersendiri untuk dikenang. Kalian luar biasa! Temen yang gamunafik kaya kalian itu jarang. Yang kalau mau nyirnyir atau ngomongin nyeplos langsung didepan, meskipun kadang omongannya suka gak diayak dulu. We love each other, don’t we? Punya kalian itu udah kaya punya keluarga baru.

Anna, sahabat sekaligus sepupu dari kecil. Ya.. karna dari kecil jadi udah kenal ya til kita. Wkwk. Sebutan khusus buat anna biasanya itu pentil. Pentil itu orang paling sabar di Playfield, entah mau ditinggal, mau dijahatin, dimarahin member, dicuekin orang, tetep aja dia sabar, ya… kecuali pas kejadian yang gebrak meja ya til. Wkwk. Kita bareng terus pulang pergi, kadang suka sebel sama pentil yang karena udah telat terus gue samper ada aja yang ketinggalan di dianya, jadi harus balik dulu. Untung kita wanita tangguh  yang selalu siap menerjang kemacetan (re:ngebut dan naik motor sembarangan). Pentil itu orang yang paling pinter ngeles diantara kita, terus juga sering banget dapetin gosip-gosip terbaru. Gue akuin lo hebat til! Suka kasian sama ini bocah karena makan ogah-ogahan padahal badan udah kurus kering, tapi kalo ditraktir mah langsung ngegas. Wkwk. Pentil adalah orang yang gaakan ngusik orang lain kalau dia gadiusik, dan berani sama apapun selama dia ngerasa bener. Kalau gabener biasanya, lo ngeles  ya til biar jadi bener. hahaha

Irna, si batak yang multi-talented. Ya… bayangin aja, dia orang batak tapi Bahasa jawa juga dia kuasain. orang terajin dan teresik, gabisa liat ruangan atau kerja berantakan. Bokir adalah panggilan sayang gue buat dia, bokir itu batak yang seneng banget kalo dia dibilang kaya cina. Padahal, duuuuh… dari kulit aja udah beda jauh dan gaada cina-cinanya. Bokir adalah sobat paling manja dan paling ribet jadinya kalau mau diajak pergi-pergian. Dia kalo ngomong suka nyeplos, suka gatau tempat, tapi itu yang menariknya dari dia, karna itu dia gapernah ngomongin sahabatnya dibelakang. Cuma kadang suka kesel kalo kasih tau rahasia, karena dia kadang suka nyeplos. Hiks… dan dia suka banget bacain apa yang bikin malu temen-temennya, termasuk gue yang waktu keselimpet sama chargeran salah satu mommny galak di playfield. Seneng banget si bokir cerita kesemuanya. Duuuuuuuh -_- . udah gitu dia juga tipe orang yang gabisa boong, jadi apapun yang terjadi pasti dia ungkapin. Tapi dibalik muka bataknya yang sering dikomplen orang itu, dia punya kepedulian yang tinggi dan gapernah suka kalo temennya dijelekin.

Koh Adam… duh berat rasanya mau ngomong tentang dia. Masih takut diomelin kaya kemarin :(. Kokoh itu satu-satunya cowok di bala-bala. Baiknya suka bikin kita gaabis pikir. Kokoh itu, suka kejebak sama omongan sendiri dan terlalu lugu, gampang banget dipancing. Wkwk. sebelumnya, irna, gue, anna, selalu melabeli diri kita dengan sebutan “Adam’s angel”. Kokoh gapernah marah, tapi sekalinya marah nyeremin, dan bikin gabisa tidur pules. Hiks. Oia dia salah satu bala-bala yang paling ikhlas kalo dikerjain dan dibercandain, asal gaketerlaluan. Kokoh itu adalah kokoh terbaik yang pernah gue temuin, karena dia beda banget sama yang pernah gue kenal. Diantara anggota bala-bala lainnya kokoh yang paling tuwir,  so.. dia asyik banget buat diajak tukar pikiran dan sharing. Tapi… yang paling nyebelin adalah ketika dia sedang menirukan ketawa seseorang, itu mirip banget! Yups.. salah satu keahliannya mungkin menirukan orang lain dengan mirip abis itu dijadiin bahan bercandaan. Julukan buat kokoh dari kita adalah kokoh terong, karena kokoh punya banyak temen cewe terus nemplok kesana kemari (kemana-mana) jadinya kita bilang  kokoh itu kaya terong-terongan.

The last one… Gigit! Namanya si anggita tapi gue lebih suka manggil dia gigit. Dia udah kaya adik sendiri, seneng bisa kenal sama orang ini. Usianya masih 18 tahun dan baru  lulus SMA, so… dia masih lugu banget, masih perlu dikasih arahan karena kadang suka kagetan ngeliat hal-hal yang belum dialamin sebelumnya. Gigit itu anak yang lucu, dan ngegemesin, ya kalo buat dijadiin adik skornya 9 dari 10. Trus karena dia paling kecil, biasanya paling enak buat dikerjain, tapi tenang.. kita gakerjain yang macem-macem kok. Paling cuma ngegantung gigit di wall climbing. Wkwk. Gigit baru masuk sebelum bulan puasa, singkat rasanya pertemuan kita, tapi banyak yang dilalui. Mungkin karena dia juga jomblo, jadi dia selalu available buat diajakin hang-out bareng, tapi jomblonya dia beda sama gue yang jomblo emang karena nasib, kalo dia jomblo karena selektif. Entahlah.. rasanya suka seneng kalo ngeliat dia ketawa dan suka sedih kalo ngeliat dia sedih, kaya waktu itu belum lolos sbmptn tiba-tiba ikutan baper jadinya :(.

Yups…. Itulah temen-temen terunik yang gue punya. The Bala-Bala! Makasih ya guys untuk semuanya. Maaf kalo gue suka gajelas, bercanda kelewatan, ngerjain kalian, suka ngomong yang enggak-enggak. Banyak pelajaran yang gue dapet selama bersahabat sama bala-bala.  Bala-bala semakin ngebuktiin kalau orang-orang yang tulus itu gaakan pernah mandang agaman,  status,  jabatan,  penampilan,  dan ras untuk dijadikan sahabat.  Mereka mengalir begitu aja layaknya air yang jatuh ke tempat yang lebih rendah.  Semua persahabatan itu tentang kebersamaan bukan tentang kepentingan individu.

Bala bala berharga banget, kelebihan dan kekurang saling kita lengkapi. Gue sayaang banget sama kalian dan sumpah rasanya sedih banget harus pisah secepat ini. Tapi gapapa, kita masih bisa sering ketemu dan ngobrol di luar kan? Semoga persahabatan kita langgeng terus ya!